Selasa, 17 Juli 2012


PROGRAM TUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. UNIVERSITAS MAHASARASWATI    DENPASAR 2012


A.Judul Penelitian
”KREASI KULINER JAJAN LUKIS RASA DURIAN SEBAGAI CAMILAN UNIK YANG LEZAT  SEBAGAI CITA RASA JAJAN TRADISIONAL BALI” DI DESA CEMPAGA, KEHEN, BANGLI

B.Latar Belakang Masalah
Indonesia memiliki banyak pulau ,dan keragaman budaya yang sangat terkenal di dunia internasional maupun manca negara. Salah satunya adalah pulau Bali yang sangat terkenal di dunia internasional, Pulau Bali atau yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata ini sungguh luar biasa pesona keindahannya juga kekayaan budayanya yang masih sangat kental yang melekat pada penduduknya. Tidak heran kalau Pulau Bali sangat terkenal di dunia, dan banyak sekali wisatawan asing yang mengunjunginya. Mayoritas masyarakat yang tinggal di pulau bali adalah masyarakat Hindu. Hingga hampir setiap obyek wisata di Bali selalu dipenuhi oleh wisatawan asing. Banyak juga wisatawan lokal yang sangat tertarik dengan keindahan pulau Bali ini. Sehingga tidak heran banyak wisatawan baik lokal maupun internasional datang ke Bali untuk menikmati keindahan panorama alamnya, dan adapula wisatawan yang tertarik akam tarian-tarian tradisional, serta keindahan pura-pura yang ada di Bali. Di Bali tidak kalah ketinggalan yaitu jajanan yang ada di Bali. Salah satu jajanan khas Bali yang banyak digemari oleh masyarakat dan wisatawan adalah ‘Jajan lukis’. ‘Jajan lukis’ adalah kue khas Bali yang terbuat dari tepung ketan dan tepung beras. Selain mudah dibuat dan rasanya enak, jajan lukis ini memiliki nilai jual yang tinggi, karena harganya dipasaran yang relative murah. Terinspirasi dari jajan lukis, saya memanfaatkan buah durian sebagai bahan campuran jajan lukisnya. Dimana buah durian merupakan salah satu hasil tanaman yang terdapat di Bukit Bangli, Pura Kehen. Rasa buah durian yang beraroma wangi cocok dipadukan dengan adonan sumping, selain akan menghasilkan rasa yang lezat juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit), dan durian adalah buah yang kontroversial. Buah durian bertipe kapsul berbentuk bulat, bulat telur hingga lonjong, dengan panjang hingga 25 cm dan diameter hingga 20 cm. Kulit buahnya tebal, permukaannya bersudut tajam ("berduri", karena itu disebut "durian", walaupun ini bukan duri dalam pengertian botani), berwarna hijau kekuning-kuningan, kecoklatan, hingga keabu-abuan. Ini alasan saya ingin mengambil nuah durian sebagai bahan utama untuk membuat jajan lukis.

C.Perumusan Masalah
Di Bali banyak terdapat varian jajanan pasaran yang cenderung merubah tampilan dari jajanan tersebut yang lebih condong sebagai kue tradisional Bali berkarakter manis menimbulkan suatu ide untuk membuat varian baru yang menggunakan buah durian sebagai campurannya. Ide ini pun hadir untuk mengolah buah durian  yang sangat mudah di temukan di Bukit Bangli Pura Kehen dan juga agar dapat meningkatkan kreatifitas ibu-ibu PKK di Desa Cempaga Pura Kehen dalam mengolah hasil alam yang ada disana.
Pengolahan buah durian yang berbeda dari biasanya, yaitu dengan mencampurkan buah durian tersebut ke dalam adonan jajan lukis yang nantinya akan ditaburi kelapa parut dan gula bali. Besar harapan saya dengan adanya cara inovasi dari pengolahan buah durian ini dapat menimbulkan hasil minat untuk pasar baru, dalam hal pengolahan serta pemasaran jajanan pasar varian baru yaitu jajan lukis rasa durian.

D.Tujuan Penelitian
1. Memperkenalkan dan mempopulerkan jajanan pasar varian baru yaitu jajan lukis rasa durian dalam masyarakat.
2. Menciptakan lahan baru bagi ibu-ibu PKK di Desa Cempaga Kehen, Bangli untuk meningkatkan taraf hidup mereka.
3. Masyarakat dapat memasarkan jajan lukis rasa durian baik skala lokal, nasional maupun internasional.

E. Luaran Yang Diharapkan
1. Menghasilkan kreasi jajan lukis yang dipadukan dengan buah durian sehingga menghasilkan varian baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar